Beranda » Joko Intarto » Yang Ringan dan Yang Lucu Tentang Dahlan Iskan » “Untuk” Lebih Penting Dibanding “Dari” dan “Oleh”

“Untuk” Lebih Penting Dibanding “Dari” dan “Oleh”

“Untuk” Lebih Penting Dibanding “Dari” dan “Oleh”

Banyak pemimpin yang dipilih secara demokratis dicacimaki, bahkan dijungkalkan di tengah jalan oleh rakyatnya. Banyak juga pemimpin yang demokratis terus dicintai rakyatnya, walau sudah tidak memimpin lagi.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sekitar 20 tahun lalu, saya menanyakan hal ini kepada Dahlan Iskan, yang saat itu masih menjadi pemimpin redaksi Jawa Pos, sekaligus menjadi editor halaman 1 Jawa Pos di Surabaya.

Dahlan punya argumentasi yang menarik soal pemimpin demokratis yang dijungkalkan dan yang tetap dipuja walau sudah lengser itu. Kata Dahlan, demokrasi itu prinsip dasarnya adalah DARI rakyat, OLEH rakyat, UNTUK rakyat. Nah, mana dari 3 unsur prinsip itu yang didahulukan oleh pemimpin tadi?

Kalau pemimpin demokratis itu mengedepankan UNTUK rakyat, maka dia akan dicintai rakyat sampai kapan pun. Tapi kalau pemimpin itu hanya mengutamakan DARI rakyat, maka rakyat pasti marah karena pemimpin itu sesungguhnya tidak bermanfaat sama sekali bagi rakyatnya.

Jadi, UNTUK rakyat lebih penting. Karena pada saat pemilihan OLEH rakyat secara demokratif, rakyat sejatinya sedang membeli HARAPAN, yakni harapan mendapat pemimpin yang berpikir dan bekerja UNTUK rakyat.

Tapi, pemimpin yang hanya mengedepankan DARI rakyat, maka rakyat tidak akan memberi simpati. Sebab DARI rakyat tidak menjamin apa pun UNTUK rakyat. Buktinya, banyak pemimpin DARI rakyat yang akhirnya menjadi KORUPTOR dan MAFIA yang tidak bermanfaat sedikit pun bagi rakyat.

Diskusi dengan Dahlan Iskan di suatu senja di emper kantor Jawa Pos, Karah Agung, Surabaya 20 tahun lalu itu, tiba-tiba menyeruak dalam pikiran saya, gara-gara berseliwerannya rumor politik yang menghubung-hubungkan antara mafia impor daging dengan century dan hambalang sebagai perang bintang jilid 2.

Semoga tulisan kecil ini, bisa menjadi pengingat bagi Dahlan Iskan, juga bagi siapa pun pemimpin di negeri ini, agar terus konsisten berpikir dan bekerja UNTUK rakyat.

Joko Intarto, sebuah pandangan pribadi

Follow me @intartojoko


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: