Beranda » Andung Yuliyanto » Tahun 2018 dan Mobil Listrik Indonesia

Tahun 2018 dan Mobil Listrik Indonesia

Dahlan Iskan : Tahun 2018 dan Mobil Listrik Indonesia
(Catatan seadanya, mengikuti tapping Electric Car di JTV Surabaya)

Wajah Pak Dahlan begitu sumringah, begitu optimis ketika berbicara tentang mobil listrik made Indonesia. Beliau membandingkan dengan mengambil contoh salah satu perusahaan mobil listrik di California , dengan merek Tesla, yang sudah mulai mendapatkan keuntungan dalam bisnis mobil listrik. Mobil listrik Made In Indonesia Generasi kedua, begitu beliau memberi istilah, untuk produk mobil listriknya setelah era Tuxuci. “Jika dalam proses pembuatan tuxuci, hampir setiap minggu saya datang di bengkelnya, untuk mobil listrik generasi kedua, saya sama sekali tidak menengoknya, biar tidak stress” kata beliau membuka dialog. Mobil Listrik harus tetap jalan di Indonesia, Jangan sampai lima tahun kedepan kita akan menyesal lagi Karena bbm yang selalu merangkak naik, dan menjadi keruwetan setiap tahunnya. Mobil listrik digadang-gadang sebagai salah satu solusinya.

Memang harga mobil listrik kedepan sedikit agak mahal, komponen lainnya sudah bisa dibikin di Indonesia, tetapi salah satu komponen, baterenya, ini yang membuat luar biasa mahalnya. Tapi ini akan sebanding dengan bahan bakarnya yang irit. Beliau mengasumsikan, jika kebutuhan bahan bakar mobil kita sekarang dalam seminggu adalah kira-kira 200 ribuan, maka jika menggunakan mobil listrik , hanya akan mengeluarkan biaya 60 ribu. Dengan demikian meskipun mobil listrik diawaln harganya sedikit mahal, tapi dalam setahun jika di konversi dengan biaya bahan bakar, maka harga mobil ini akan menjadi setara dengan mobil berbahan bakar minyak. Dalam pemakaian tahun kedua, mobil listrik ini sudah mulai menampakkan keuntungan, apalagi ditahun ke lima secara ekonomi dan cost jauh lebih irit. Beliau mengatakan itu di acara “Cangkrukan” yang disiarkan oleh JTV sebuah TV lokal jawa timur, milik grup jawa pos, hari minggu (05/05) kemarin.

Kemarin itu sebetulnya bagian dari rangkaian acara dari kegiatan Pak Dahlan di surabaya, dimulai pukul 15.00 , Pak Dahlan hadir di gedung robotika ITS untuk sebuah acara talkshow nasional “ Mengembangkan Potensi Tekhnologi Energi Demi Indonesia Yang Lebih Mandiri” yang diselenggarak oleh Politekhnik Elektronika Negeri Surabaya, setelah itu pukul 16.00 Pak Dahlan berkenan membuka pameran lukisan di JX Expo – Surabaya. Disini sempat kepikiran juga kenapa Pak Dahlan berkenan membuka pameran lukisan yang nyata-nyata tidak ada kaitannya dengan BUMN. Mungkin Pak Dahlan salah satu penikmat lukisan, atau bisa juga Pak Dahlan tidak menatng-mentang, meskipun sebagai mentri kalau beliau senggang pasti akan diluangkan waktunnya. Baru pukul 17.00 Pak Dahlan hadir di studio JTV, yang berjarak hanya satu kilometer dengan tempat pameran lukisan berlangsung.

Masih dengan gaya yang sama, pakaian putih dikombinasi celana hitam dan sepatu kets berinisial DI, Pak Dahlan masuk studio rekaman, yang kira-kira saya taksir seluas 200 meter persegi dengan tirai warna hitam. Didepannya ada panggung seluas lima kali enam meter, dengan sebuah backdrop bergambar suasana kota. Dalam studio sudah menunggu Misbahul Huda, komisaris JP Books yang menerbitkan buku Electric Car, beliau juga lulusan cumlaud teknik Electrik UGM, dan kemarin menjadi panelis juga bersama Pak Dahlan. Dengan diiringi Ricky Elson, yang juga menggenakan kemeja putih, celana hitam gunung dan sandal gunung, tampak ricky terlihat energik. Masuknya kedua orang ini disambut tepuk tangan yang meriah. Salah satu kebiasaan Pak Dahlan yang kemarin tidak sengaja saya lihat lagi adalah, baju putih di bagian belakang tidak pernah rapi, keluar menutupi ikat poinggangnya, dan tanpa canggung sedikitpun, beliau berbicara sambil tangan kanannya sibuk memasukan dan merapikan baju putihnya.

Malam itu Pak Dahlan lebih menyoroti tentang pentingnya keberadaan mobil listrik di Indonesia, “jika ide besar ini terlaksana di Indonesia, maka tidak aka ada polusi lagi, tidak aka ada suara berisik dari motor, dengan begitu masyarakat Indonesia bisa menjadi lebih sehat, lebih tenang….. rasanya sumpek kemana-mana polusi” begitu beliau menegaskan. Beliau juga meminta masyarakat Indonesia untuk tidak mudah menyerah, karena kalau menyerah pasti impian mobil listrik made Indonesia akan terkubur. “ Uangnya hancur, mobilnya hancur, untung badannya tidak hancur, hanya perasaan saya yang hancur … tapi saya tidak menyerah”, kata beliau sambil tertawa. Pun demikan Ricky Elson, menimpali “ Sesaat setelah TUXUCI menabrak tebing, pak Dahlan menghampiri saya , Rick …besok bikin mobil lagi ya …” katanya. Begitu optimisnya Pak Dahlan dengan mobil listrik ini. Semenjak menjadi mentri penampilan Pak Dahlan, sedikit lebih kurus, begitu istri saya berkomentar. Karena dia pernah beberapa kali bertemu Pak Dahlan, kalau kantor ada acara.

Beberapa kali saya melihat Pak Dahlan sering didampingi Ricky Elson, kalau ada lawatan maupun kunjungan. “ Ricky adalah seorang yang pandai, dia lahirnya di padang. Semenjak SMA sudah dapat bea siswa ke jepang. Dia disana sudah mempunyai 14 hak patent berkaitan dengan motor listrik. Ricky sempat saya ajak pulang, untuk membangun Indonesia. Dia sempat bimbang, kalau di Indonesia dia kan kerja apa dan gajinya bagai mana ? Akhirnya gaji saya sebagai menteri saya berikan untuknya. Meskipun muda dia bergaji mentri, tapi itu masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan pendapatannya di Jepang. Dia Sudah berkorban untuk Indonesia …” begitu pak Dahlan malam itu memperkenalkan dan memuji Ricky, sebagai konseptor dan tekhnisi mobil listrik Indonesia. Pak Dahlan sangat pintar memberikan semangat dan pujian, dan semua itu dilakukan dengan tulus, jadi kita pun yang mendengar juga dibuat nyaman.

Salah satu yang menurut saya menarik adalah forecasting Ricky Elson tentang mobil listrik di Indonesia “ Pada tahun 2018 nanti, mobil listrik ini akan murah, karena harga batere yang sekarang ini, akan turun sepertiganya …jadi lebih bisa terjangkau”. “2018 itu nggak lama ..lho” komentar Pak Dahlan tiba-tiba. “ Bagaimana dengan motor listrik Indonesia ?, karena space penyimpanan baterenya kecil, berarti dibutuhkan batere kecil dengan kapasitas listrik yang besar, jika saat ini diproduksi, biayanya masih besar, sehingga membuat harga di pasaran lebih mahal dari sepeda motor merek Honda dan Yamaha. Kenapa bisa mahal ? Karena batere kecil dengan kapasitas besar, batere Li-Thium, saat ini sangat mahal. Tapi nanti setelah batere ini murah, motor listrik akan diproduksi” jelas Ricky membeberkan.

Mendengar penjelasan Ricky, sekitar 50 penonton yang hadir di studio itu mangut-mangut, seakan tercerahkan dan tertantang, untuk sama-sama berjuang demi kebaikan Indonesia. Siaran malam itu Ricky Elson, lumayan banyak mendapat porsi berbicara. Dari lima segment yang direkam, Pak Dahlan dan Ricky Elson mengikuti sampai segment ke tiga. Disegment ketiga, beliau bercerita “ ketika mobil tuxuci menabrak tebing, di jepang sana, ada 15.000 unit mobil listrik di cek kembali. Kita yang kecelakaan di Indonesia, hebohnya sampai di Jepang …” kelakar beliau.

Memang mobil listrik ini sebuah ide besar, bagi kebaikan Indonesia. Melihat kesungguhan seorang Dahlan Iskan, rasanya kita harus mendukungnya, meskipun tidak banyak yang bisa kita kerjakan, minimal mereka merasa dapat dukungan, merasa ada yang satu visi dengannya. Merasa diyakinkan bahwa langkah yang sedang ditempuhnya sudah benar, bagi rakyat. Jika kita perspektifkan lebih jauh, electric car made in Indonesia ini nanti, secara tidak langsung akan membantu penyelamatan lingkungan, konsep go green dan membantu kampanye pemanasan global. Dan jika ini benar terealisasii, maka subsidi bbm yang jumlahnya ratusan triliun itu akan dikembalikan dan digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Hmm…. sebuah gambaran masa depan indonesia yang Indah tentunya.

Semoga…. Demi Indonesia yang Lebih Baik

Salam Dahlanis Indonesia

Andung Yuliyanto

1 Komentar

  1. poetra88joy mengatakan:

    konversi ke gas menurut saya saat ini harus sudah mulai di rencanakan dan di mulai. saya bekerja sebagai pengelola jasa angkutan barang sangat galau jika bbm naik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: